Jaringan Mobile Terancam “krisis”

kafa.jpgLONDON – Para ahli teknologi memperingatkan, jaringan mobile terancam dalam keadaan krisis seiring dengan membludaknya trafik akses data melalui perangkat ponsel.
Salah satu perusahaan pengamat teknologi di Inggris Unwired Insight (UI) menyebutkan, hal ini membuat para operator perlu segera mengupgrade jaringan wireless 3G mereka. UI bahkan memprediksi trafik web mobile akan meningkat lebih dari 20 kali dalam kurun waktu empat tahun ke depan.
Ponsel cerdas seperti iPhone dan BlackBerry sangat bergantung pada teknologi 3G untuk bisa menjelajahi internet, menyaksikan siaran televisi, mengunduh musik dan berbagi foto di situs jejaring sosial dimana pun mereka berada.
Namun, pertumbuhan perangkat yang ‘lapar’ akan data ini menyebabkan jaringan akses data melalui ponsel telah sampai pada batasnya. Bahkan bukan tidak mungkin jika tidak segera ditangani akan kian membludak. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Selasa (8/12/2009). “Menonton video klip di YouTube selama berjam-jam setara dengan mengirim jutaan pesan tertulis dan mengunduh film melalui jaringan 3G sama dengan mengakses 400.000email,” kata konsultan teknologi wireless Dr Mark Heath yang berkontribusi terhadap penyusunan laporan ini. Heath pun menambahkan, laptop dengan modem mobile broadband yang membuat pengguna bisa berinternet melalui jaringan ponsel mobile, turut berkontribusi dalam menekan kapasitas jaringan.
Para pengamat teknologi telah memperingatkan para operator bahwa mereka akan menghadapi ‘krisis’ kapasitas jaringan 3G, dimana jumlah pengguna jaringan akan melebihi bandwith yang tersedia.
Heath menyebutkan, dalam satu atau dua tahun ke depan operator akan menghadapi masalah jika permintaan broadband mobile terus tumbuh. “Hal ini bukan berarti jaringan ponsel mobile akan ‘crash’, namun yang terjadi adalah jaringan tersebut akan sangat padat. Kita akan melihat terjadinya penurunan performa jaringan secara keseluruhan. Nantinya pengguna memerlukan waktu sangat lama untuk mengakses laman web atau mengunduh lagu,” tandasnya.
Sumber: okezone

Tag: , , , , ,

2 Tanggapan to “Jaringan Mobile Terancam “krisis””

  1. Agus Purwoko Says:

    Info yg bagus! Guspur kunjung nich!

  2. kafa Says:

    Makasih Gus atas kunjungannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: