Mesin Penghemat Air wudlu

Perusahaan Malaysia mengembangkan sebuah mesin yang disebut-sebut bisa membantu umat Muslim menyucikan diri sebelum melakukan ibadah shalat tanpa membuang air secara berlebihan. automatic0wudlu Mesin berwarna hijau penuh ornamen tersebut dilengkapi sensor otomatis dan baskom untuk mengatur penggunaan air selama berwudlu.
Penemu teknologi penghemat air wudlu ini, AACE Technologies
mengandalkan negara-negara kaya di timur tengah agar tertarik menggunakan mesin mereka. Mesin buatan AACE Technologies akan siap dipasarkan dalam enam bulan mendatang dan dibandrol seharga USD3.000 sampai USD4.000 per unit.
“Menghemat air adalah motivasi kami untuk mengadopsi sistem ini sebagai pengganti metode konvensional,” kata chairman AACE Anthony Gomez, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (2/2).
Perangkat yang juga mengeluarkan suara rekaman ayat-ayat Al Quran tersebut memiliki tinggi sekira 1,5 meter. Dibandingkan keran air wudhu konvensional, mesin ini hanya menggunakan air sebanyak 1,3 liter.
“Selama musim ibadah Haji, sekitar dua juta orang menggunakan 50 juta liter air per hari untuk berwudlu. Jika mereka memanfaatkan mesin ini, mereka bisa bisa menghemat 40 juta liter air setiap harinya,” tambah Gomez.
Dibutuhkan waktu selama dua tahun dan biaya sebesar USD2,5 juta untuk mengembangkan mesin tersebut. Dubai menjadi yang pertama tertarik menggunakan mesin ini untuk keperluan air di bandara. AACE juga membidik target ke mesjid-mesjid dan gedung perkantoran untuk memasarkan mesin ciptaannya.
“Ide ini sangat bagus dan sejalan dengan ajaran Islam. Bagi negara dengan sumber air melimpah mungkin air akan sangat murah, namun mesin ini akan sangat bermanfaat bagi negara-negara dengan pasokan air yang tidak cukup banyak,” tandas Gomez.
Wudlu merupakan ritual penyucian diri yang dilakukan sebelum menjalankan ibadah wajib shalat lima waktu. Ada lebih dari 1,7 miliar Muslim di seluruh dunia, dan sebagian besar berasal dari wilayah Afrika dan Timur Tengah dimana pasokan air terhitung cukup langka. (min)
Sumber: nu online

Tag: , , ,

2 Tanggapan to “Mesin Penghemat Air wudlu”

  1. muhammad zakariah Says:

    wew.. bagus sekali ya mesin itu, apalagi klo ada diseluruh wilayah indonesia.. pasti akan sangat baik buat penghematan air. kan lumayan klo kita banyak air baik musim kemarau atau musim hujan.. lebih efektif lah..😉

  2. Kafa Says:

    Iya Mas, tp masyarakat kita tuk skrg ini apakah mampu tuk membeli mesin semahal itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: