Bikin Toko Online di Facebook

Siapa yang tidak mengenal Facebook, jejaring sosial yang belakangan ini sedang ngetrend di Indonesia. Beragam hal bisa Anda lakukan dengan Facebook. Menemukan kembali teman lama sampai menjadikan FB sebagai tempat berjualan. Jika Anda ingin menggelar lapak di Facebook berikut ini ada sedikit info yang mungkin bisa bermanfaat. facebook-toko-online.jpg
Tips membuka toko online di Facebook.
Anda bisa mempergunakan akun Facebook yang sudah ada atau bisa dengan membuat akun baru.
Buatlah alamat url Facebook untuk mempermudah pembeli mengunjungi akun Anda, misalnya facebook.com/namatoko. Alamat Facebook bisa disetting melalui http://facebook.com/username. Settinglah privasi menjadi publik/semua orang bisa melihat. Sehingga pengunjung akan bisa melihat barang yang Anda tawarkan meskipun tidak menjadi teman.
Setelah akun Facebook Anda siap, tahap selanjutnya adalah
mempersiapkan foto barang dagangan Anda. Anda bisa memfoto dengan mempergunakan kamera digital atau ponsel. Sebaiknya gambar diproses dahulu dengan software pengolah gambar agar lebih menarik tampilannya. Misalnya ditambah dengan watermark alamat Facebook Anda, logo,detail barang dan sebagainya. Tampilan gambar yang bagus akan menarik pengunjung untuk membeli.
Upload foto dagangan Anda dengan membuat Album baru. Anda bisa mengkategorikan album berdasarkan bulan atau jenis barang. Misalnya: Koleksi Bulan April 2010, Baju Batik Wanita, Jaket Cantik, Ponsel Nokia, dsb.
Harga dan spesifikasi barang dapat Anda sertakan dalam foto atau di deskripsi foto. Lengkapilah data mengenai barang yang Anda jual sehingga pembeli dapat mengetahui dengan jelas jenis dan kondisi barang tersebut. Misalnya:
Baju ukuran XL, Bahan Katun, Lebar Dada 49 Cm, Panjang 72 Cm, Stok: 2 buah, Harga Rp.95.000,-.
Ponsel SE w810, 2nd tangan pertama, kamera kabur, non garansi, dus, cd, charger, buku, kabel data, Harga Rp.700.000,-
Tandai (Tag) teman Facebook pada barang dagangan Anda. Caranya dengan mengklik menu Tandai Foto Ini. Tapi jangan terlalu sering mengetag seseorang, karena bisa saja orang tidak berkenan kalau sering di tag. Transaksi dapat Anda lakukan melalui komentar, inbox, chat atau lewat telepon. Anda bisa menampilkan kontak di info Facebook atau di deskripsi Album Foto.
Sebaiknya Anda mempunyai beberapa rekening yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran. Serta mengaktifkan internet banking agar lebih mudah mengecek transfer yang masuk.
Siapkan juga daftar harga kurir untuk biaya pengiriman. Anda bisa menawarkan beragam kurir, namun biasanya pembeli lebih menyukai ongkos kirim dengan harga murah namun cepat sampai .
Setelah Anda menerima pembayaran, silakan langsung kirim barang tersebut. Sampaikan nomor resi pengiriman kepada pembeli sebagai bukti barang telah dikirim.
Dengan ketelatenan, harga yang miring, add banyak teman, serta sering online maka niscaya akan ada yang melirik barang yang Anda tawarkan. Tapi jangan menawarkan barang terlalu berlebihan karena bisa juga yang Anda tawari jadi tidak nyaman. Lain kali disambung lagi tips2nya. Selamat Membuat Toko Online di Facebook

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: